Tahukah engkau Kawan, sebuah teori tentang kebutuhan dari Maslow?
Ya, sebuah teori tentang kebutuhan manusia yang berlaku sejak di buain Sang Bunda hingga maut menjemput kita. Sedikit gambaran, teori tersebut terdiri dari :
Kebutuhan dasar / fisiologis ( Sandang, Pangan , Papan ).
Kebutuhan keamanan dan rasa aman.
Kebutuhan sosial.
Kebutuhan harga diri.
Kebutuhan aktualisasi diri.
Dari semua hierarki tersebut, kebutuhan dasar ( sandang, pangan, papan ) merupakan pendominasi dari apa yang dirasakan oleh kita sebagai bagian dari masyarakat.
Untuk itulah kali ini, akan kita ulas sedikit tentang Sandang, yang jadi bagian dari kebutuhan dasar tersebut.
Sandang / busana, terutama kaum Hawa ( kayaknya sebagian besar sih) akan lebih dikedepankan terutama dalam proses interaksi di tengah masyarakat. Tampil modis, dengan dandanan yang aduhai jadi tren kawula muda di era ini. Hari ini tren modenya pakai motif bunga, semua memakai pakaian bermotif bunga. Besok, selera mungkin berubah.
Oleh karena itu kawan, ada sedikit tips untuk memanage “ kerakusan “ kita akan pakaian yang modisty :
Gunakan budget belanja kita dengan bijak. Jika perlu buatlah rincian pengeluaran kedepannya. Jangan sampai seperti pepatah : Besar pasak daripada tiang.
Pilih pakaian yang modisty tapi tetap nyaman dipakai. Karena kebanyakan kaum Hawa biasanya memilih hanya cuma untuk menghilangkan “ dahaga “ mode tersebut.
Tata busana modisty dengan mengedepankan semangat Islami ( Busana Muslimah ).
Firman Allah SWT :
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 33:59)
Perkirakan mode pakaian bisa bertahan untuk dalam jangka waktu “ lama “. Sehingga tidak memboroskan anggaran. Bukankah ciri – ciri teman syetan itu suka berboros ria, Kawan ?
Sesuai Firman Allah SWT :
Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. (QS. 17:27)
Pergunakan pernak – pernik untuk mempercantik pakaian. Agar tren pakaian bisa “sedikit” bertahan lebih lama.
Belajar mengutak – atik tampilan mode yang sudah kita punya. Karena bisa jadi nih, pakaian yang lama yang kita punya, dngan sedikit sentuhan artistik akan lebih keren dibandingkan mode keluaran terbaru.
Selamat mencoba….:)